LKPP Integrasikan Layanan SDM Pengadaan

  • By superadmin
  • 2 Januari 2017
  • 183 Views
LKPP Integrasikan Layanan SDM Pengadaan

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) meluncurkan inovasi baru sebagai wadah atau tempat bertemunya peran/aktor pelaku pengadaan melalui sistem terintegrasi portal Pengembangan dan Pembinaan SDM PBJ (PPSDM).

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan SDM LKPP Dharma Nursani dalam softlaunching portal PPSDM, Rabu (07/12) di Gedung LKPP di Jakarta mengatakan, langkah ini didasari oleh kebijakan Rencana Strategis LKPP Tahun 2015-2019. Disebutkan, arah kebijakan dan pengembangan sistem PBJP adalah peningkatan fairness, transparansi, dan profesionalisme dalam PBJP.

Salah satu strateginya adalah melalui pengembangan dan pembinaan kelembagaan dan SDM yang profesional. Kebijakan inilah yang menjadikan slogan ‘Terwujudnya SDM Pengadaan yang Profesional dan Kelembagaan Pengadaan yang Optimal’ pada tampilan utama Portal PPSDM.

Portal PPSDM merupakan hasil integrasi dari beberapa aplikasi sistem layanan SDM PBJ yaitu pelayanan Jabatan Fungsional, Pelatihan Kompetensi, E-Learning, Sertifikasi, dan sebagainya. Portal ini juga akan menggantikan peran aplikasi sistem pelatihan (SIMPEL), Sertifikasi dan Jabatan Fungsional (SIJABFUNG) tersedia di website LKPP.

Ia melanjutkan, integrasi sistem berbasis portal PPSDM ini memiliki empat fungsi dan tujuan. Yaitu menjadi pusat pengetahuan pengadaan nasional dan regional, menyediakan program pelatihan dan sertifikasi pengadaan yang tepat sasaran, pengembangan sumber daya pembelajaran pengadaan dan mengembangkan pemanfaatan teknologi informasi.

Selain itu, portal PPSDM juga menyediakan pilihan layanan SDM PBJ sesuai dengan peran stakeholders. Pilihan tersebut diantaranya adalah Peserta Pelatihan/Ujian, LPP PBJ, Narasumber, Asesor, Jabfung, Admin dan Sertifikat PBJ.

“Kita adalah salah satu aktor ini. Barangkali juga ada beberapa diantara kita menjadi multiple actor di sini. Bisa menjadi narasumber, juga bisa menjadi LPP juga. Dan nanti semuanya ini bisa masuk sebagai satu login sehingga bisa melakukan semua kegiatan di situ” lanjut Dharma.

Sistem ini juga menyediakan fitur laman evaluasi pada proses pembelajaran, statistik pelaksanaan ujian dan sebagainya dalam bentuk chart yang nantinya akan dikirmkan laporan hasil evaluasinya ke LKPP melalui sistem.

Portal PPSDM akan dirilis pada tanggal 9 Januari 2017 dan nantinya dapat diakses melalui alamat: http://ppsdm.lkpp.go.id

Dharma berharap, portal PPSDM menjadi wadah bagi para pegiat pengadaan umntuk saling mengenal/bertemu secara virtual, membangun networking, memberikan feedback dan empowerment agar bisa bekerja sama lebih baik. “Mudah-mudahan semua ini bisa membantu kita meringankan beban kita sekaligus Bapak/Ibu bisa melaksanakan ini dengan sebaik-baiknya.” pungkasnya. (aji)

Kategori

Galeri Foto