Visi dan Misi

PROFIL PPSDM

 

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia adalah unsur pelaksana tugas LKPP yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala. Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan penyusunan strategi dan kebijakan pembinaan sumber daya manusia di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyusunan perumusan strategi dan kebijakan pembinaan sumber daya manusia di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  2. Penyusunan rencana dan program serta penyelenggaraan pembinaan sumber daya manusia nasional di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; dan
  3. Penyusunan sistem dan penyelenggaraan pengujian kompetensi profesi di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia terdiri dari: 

  1. Direktorat Pengembangan Profesi
  2. Direktorat Pelatihan Kompetensi
  3. Direktorat Sertifikasi Profesi

 

Direktorat Pengembangan Profesi

Direktorat Pengembangan Profesi mempunyai tugas menyiapkan rumusan kebijakan, pedoman, dan kompetensi profesi pengelola pengadaan, serta pengembangan kelembagaan profesi.

Direktorat Pengembangan Profesi menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan rumusan kebijakan pengembangan, kompetensi, dan kelembagaan profesi pengadaan;
  2. Penyiapan penyusunan pedoman kompetensi dan kelembagaan profesi pengadaan;
  3. Pelaksanaan pengembangan kelembagaan profesi pengadaan;
  4. Pelaksanaan manajemen jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; dan
  5. Pelaksanaan diseminasi, pemantauan, dan evaluasi kelembagaan profesi pengadaan.

 

VISI

Direktorat Pengembangan Profesi bertekad menjadi pendorong K/L/Pemda/I dalam mewujudkan pelaksanaan pengadaan barang jasa Pemerintah yang profesional dan kredibel, khususnya dalam pengembangan kelembagaan dan profesi.

 

MISI

  1. Meningkatkan koordinasi dengan stakeholder dalam rangka harmonisasi kebijakan pengadaan barang/jasa Pemerintah, khususnya dalam pengembangan kelembagaan dan profesi.
  2. Meningkatkan pemahaman K/L/Pemda/I terkait implementasi kebijakan pengadaan barang/jasa Pemerintah, khususnya dalam pengembangan kelembagaan dan profesi.
  3. Membangun dan mengembangkan sistem pelayanan berbasis teknologi informasi dalam rangka pengembangan kelembagaan dan profesi pengadaan barang/jasa Pemerintah.
  4. Meningkatkan kemampuan SDM Direktorat Pengembangan Profesi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan.
  5. Menyusun dan mengembangkan prosedur pelayanan di Direktorat Pengembangan Profesi yang efektif dan efisien.

 

MOTTO

CERIA – Cepat, Efisien, Ramah, Ikhlas, Akuntabel

 

Direktorat Pelatihan Kompetensi

Direktorat Pelatihan Kompetensi mempunyai tugas menyiapkan rumusan pedoman pelatihan kompetensi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan pengelolaan sumberdaya pembelajaran.

Direktorat Pelatihan Kompetensi menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan rumusan pedoman, program, dan kurikulum pelatihan kompetensi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  2. Pelaksanaan perumusan pedoman pembinaan pengajar pengadaan dan lembaga pelatihan;
  3. Pelaksanaan pelatihan, diseminasi bagi pengajar dan asesor akreditasi lembaga pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  4. Pelaksanaan kerjasama dan akreditasi lembaga pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  5. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan jabatan fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  6. Pelaksanaan pemantauan dan evaluasi pengajar, asesor akreditasi lembaga pelatihan, pelatihan kompetensi, pengendalian mutu, serta akreditasi lembaga pelatihan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; dan
  7. Pengelolaan informasi dan diseminasi pengetahuan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

 

VISI

Mewujudkan Peningkatan pengetahuan dan Profesionalisme Sumber Daya Manusia Pengadaan.

 

MISI

  1. Menjadi Pusat Pengetahuan Pengadaan Nasional dan Regional.
  2. Menyediakan Program Pelatihan Pengadaan yang Tepat Sasaran.
  3. Mengembangkan Sumber Daya Pembelajaran Pengadaan.
  4. Mengembangkan Pemanfaatan Teknologi Informasi.

 

MOTTO

Profesional dan Inovatif

 

Direktorat Sertifikasi Profesi

Direktorat Sertifikasi Profesi mempunyai tugas menyiapkan rumusan kebijakan dan pedoman serta pelaksanaan sertifikasi profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Direktorat Sertifikasi Profesi menyelenggarakan fungsi:

  1. Penyiapan rumusan kebijakan dan pedoman sertifikasi profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  2. Pelaksanaan sertifikasi profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah;
  3. Pelaksanaan manajemen pengendalian mutu sertifikasi;
  4. Pengelolaan sertifikasi profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; dan
  5. Pengelolaan sistem informasi manajemen sertifikasi profesi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

 

VISI

Direktorat Sertifikasi Profesi bertekad menjadi penyelenggara Sertifikasi Keahlian Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang profesional dan kredibel.

 

MISI

Mengembangkan dan meningkatkan kemampuan sumber daya manusia serta mengoptimalkan infrastruktur pendukung sertifikasi keahlian di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

  

MOTTO

Selalu profesional dan dapat diandalkan (Always professional and reliable)