LKPP Melaksanakan Surveillance Inpassing di BATAN

  • By superadmin
  • 11 Mei 2017
  • 1,176 Views
LKPP Melaksanakan Surveillance Inpassing di BATAN

 

LKPP merupakan instansi pembina jabatan fungsional pengelola pengadaan barang/jasa (Jabfung PPBJ). Sebagai salah satu bentuk pembinaan, LKPP melakukan surveillance atau penilikan secara khusus kepada para pejabat pengelola fungsional PBJ yang diangkat melalui mekanisme Inpassing. Baru-baru ini, LKPP melakukan penilikan khusus ke Batan Tenaga Atom Nasional (BATAN) di Jakarta.

Penilikan ini dilakukan untuk mengetahui gambaran kompetensi Jabatan fungsional pengelola barang/jasa yang diangkat melalui mekanisme inpassing sejak 2014 dimana para pejabat tersebut menduduki jabatan berdasarkan jenjang pangkat. Kriteria penilaian penilikan ini adalah para pejabat fungsional PPBJ yang diangkat melalui inpassing dan belum pernah mengikuti uji kompetensi.

Direktur Sertifikasi Profesi LKPP, Suharti, mengungkapkan bahwa kegiatan penilikan diperlukan untuk memotret kompetensi jabfung PPBJ. “Sehingga nantinya bisa memberi masukan pelatihan apa yang dibutuhakn fungsional PBJ agar kompetensinya bisa benar-benar sesuai kepangkatannya.” Tuturnya.

Penilikan juga dilakukan untuk mengetahui kesenjangan kompetensi jabatan dengan kompetensi yang dimiliki pejabat fungsional PPBJ. Ketika sudah dipetakan kebutuhan peningkatan kompetensi untuk mengurangi kesenjangan antara kompetensi yang dimiliki jabfung PPBJ dengan kompetensi yang seharusnya dikuasai, maka bisa dilakukan pelatihan teknis. “Misalnya, jika belum kompeten dalam mengelola kontrak, maka bisa dilakukan pelatihan teknis dalam pengelolaan kontrak,” tambahnya.

 

 

Tahapan dalam surveillance inpassing dilakukan melalui ujian tertulis dengan unit kompetensi yang diujikan sesuai dengan tingkat jabatan yaitu madya . Setelah itu, peserta akan direview oleh asesor melalui wawancara. Hasil dari penilikan inpassing ini diharapkan dapat memberikan gambaran profiling dan rekomendasi pengembangan sumber daya manusia (SDM) PBJP kepada pimpinan instansi.

Berdasarkan data yang dimiliki LKPP, total pegawai negeri sipil K/L/Pemda/I yang diangkat sebagai Pejabat Fungsional PPBJ hingga Maret 2017 telah mencapai 1659 orang. Kemudian, penilikan inpassing telah dilakukan sebelumnya di Wonosobo pada 26-27 April 2017. Kegiatan ini akan dilanjutkan di beberapa Kementerian dan kota lain hingga akhir 2017.

Kategori

Galeri Foto