Partisipasi kontribusi bahan/konten pengetahuan PBJ Pemerintah untuk membangun KMS di Pusdiklat PBJ

  • By superadmin
  • 12 Juni 2020
  • 406 Views

Yth.

  1. Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama LKPP
  2. Kepala UKPBJ di Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah
  3. KPA/ PPK di Kementerian/ Lembaga/ Pemerintah Daerah
  4. Fasilitator Pengadaan Barang/Jasa
  5. Pejabat Fungsional Pengelola Pengadaan Barang/Jasa 6. Ahli Pengadaan Barang/Jasa Di Tempat

Di Tempat

 

Dalam rangka membangun kapasitas dan kapabilitas Sumber Daya Manusia (SDM) PBJ Pemerintah secara berkelanjutan dan mendukung pembelajaran mandiri, maka Pusdiklat PBJ membangun KMS sebagai wadah untuk saling berbagi pengetahuan dan diharapkan dapat menunjang pengetahuan dan ketrampilan bagi SDM PBJ Pemerintah secara berkelanjutan.

Pengetahuan yang explicit (sudah ada/ terdokumentasi) dan yang masih berupa tacit (masih melekat pada seseorang) dapat di tuangkan menjadi explicit dan disumbangkan kepada Pusdiklat PBJ. Penjelasan terkait kontribusi konten pengetahuan PBJ Pemerintah sebagai berikut:

  1. Kontribusi konten pengetahuan tersebut dapat berupa, contoh: artikel, jurnal, analisa, penjelasan cara mengerjakan, kertas kerja, video, infografis dan lainnya, yang mudah untuk dipelajari secara mandiri, agar ketrampilan dan pengetahuan insan PBJ bisa cepat meningkat, sehingga dapat menangani pekerjaan pengadaan PBJ secara lebih baik lagi. Pada Lampiran-2 terdapat gambaran suatu contoh konten pengetahuan, yaitu Rapat Persiapan Pelaksanaan Kontrak Pekerjaan Konstruksi Jalan Propinsi, awalnya masih berupa tacit pada para pelaku pengadaan, kemudian melalui Community of Practice (CoP) disusun konten pengetahuan spesifik tersebut dengan merujuk dari pengetahuan yg explicit (peraturan/ pedoman yang sudah ada). Pengetahuan seperti ini terus berkembang dan dapat menjadi referensi untuk membangun konten pengetahuan lainnya seperti Rapat Persiapan Pelaksanaan Pekerjaan Jalan Desa/ Jasa Konsultan, sehingga pengetahuan yang spesifik untuk memenuhi cara kerja pengadaan tertentu bisa dibangun, dan jika terjadi berbagi pengetahuan secara lebih cepat, maka kapabiltas SDM PBJ dapat cepat meningkat.

  2. Kontribusi konten tersebut dapat merujuk kepada kodefikasi pengetahuan (Lampiran-1), dan tidak ada batas waktu untuk pengiriman kontribusi konten tersebut. Konten pengetahuan yang telah dikirim tersebut, secara berkala akan diperiksa oleh Tim Panel Pusdiklat, Tim Panel Pusdiklat berwenang untuk mengusulkan konten yang sudah sesuai ataupun memperbaiki konten untuk dituangkan dalam website KMS, ataupun tidak menuangkan usulan konten tersebut karena konten belum dianggap sesuai, termasuk dikeluarkannya konten yang sudah kadaluwarsa dari tayangan website KMS.

  3. Dalam proses membuat konten pengetahuan PBJ tersebut, agar ide pengetahuan bisa diwujudkan dalam bentuk konten pengetahuan, maupun agar konten pengetahuannya berkualitas, maka kontributor dapat membahas bersama, seperti dalam Community of Practice (CoP) untuk membahas topik konten pengetahuan tertentu, sebelum disampaikan ke Pusdiklat LKPP. Apabila ide konten pengetahuan PBJ diangkat berdasar fakta yang ada, dan jika dapat merugikan pihak lain, maka obyeknya dapat diganti dengan simbol/idiom tertentu, seperti konten pengetahuan solusi tahapan penyelesaian perselisihan kontrak terhadap obyek tertentu.

  4. Informasi identitas kontributor konten seperti nama lengkap, kontak person/alamat email, profesi dan domisili, termasuk jika dibangun melalui CoP, dapat disebutkan dalam konten tersebut, dan sebagai bentuk penghargaan identitas pembuat konten akan dicantumkan dalam konten tersebut bagi konten yang ditayangkan di website KMS, dan Pusdiklat PBJ akan mengelola data kontributor konten tersebut.

  5. Bagi kontributor konten yang telah ditayangkan di website KMS, diberikan sertifikat keterangan atas partisipasi dan secara berkala Pusdiklat PBJ akan memberikan beberapa penghargaan bagi konten yang dinilai terbaik dari beberapa kriteria penilaian.

  6. Untuk pengiriman konten pengetahuan PBJ melalui email ke : pusdiklat.pbj@lkpp.go.id dan kmspbj2020@gmail.com, apabila ada keperluan koordinasi serta informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung Sdr. Bowo Budi Laksono (0823-1010-9668) atau Sdri. Yosi Febriani (0852-7244-301027).

Disamping adanya kontribusi konten diatas, Pusdiklat PBJ juga aktif mengumpulkan bahan/ konten pengetahuan PBJ dan secara berkelanjutan terus meningkatkan kemampuan dalam membangun KMS bersama dengan stakeholder terkait, yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran dan menangkap inovasi pengetahuan PBJ. Demikian kami sampaikan, atas perhatian, partisipasi dan kerja samanya, kami mengucapkan banyak terima kasih.

 

 Lampiran: Klik disini

Kategori

Galeri Foto